DESA SADE LOMBOK

Hai semuanya, apa kabar kalian? Semoga selalu dalam lindungan Tuhan ya. Hari ini aku bawa sebuah artikel yang isinya adalah salah satu spot wisata keren di Lombok. Pada penasaran kan? Yuk scroll sampe bawah!

Sade Village atau yang biasa disebut wisata Desa Sade merupakan Desa tradisional Lombok yang terkenal dengan gubuk anyaman tinggi, pedagang tekstil & pertunjukan jalanan. Lokasi Desa Sade berada di Rembitan, Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. Dusun ini dikenal sebagai dusun yang mempertahankan adat suku Sasak. Suku Sasak Sade sudah terkenal di telinga wisatawan yang datang ke Lombok. Ya, Dinas Pariwisata setempat memang menjadikan Sade sebagai desa wisata. Ini karena keunikan Desa Sade dan suku Sasak yang jadi penghuninya. Sebagai desa wisata, Sade punya keunikan tersendiri. Meski terletak persis di samping jalan raya aspal nan mulus, penduduk Desa Sade di Rembitan, Lombok Tengah masih berpegang teguh menjaga keaslian desa.

Bisa dibilang, Sade adalah cerminan suku asli Sasak Lombok. Yah, walaupun listrik dan program Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) dari pemerintah sudah masuk ke sana, Desa Sade masih menyuguhkan suasana perkampungan asli pribumi Lombok. Hal itu bisa dilihat dari bangunan rumah yang terkesan sangat tradisional. Atapnya dari ijuk, kuda-kuda atapnya memakai bambu tanpa paku, tembok dari anyaman bambu, dan langsung beralaskan tanah. Di Desa ini juga punya beberapa keunikan yang hanya terdapat di Desa Sade, seperti:

1. Lantai dilumuri kotoran kerbau
Tidak seperti lantai di rumah-rumah pada umumnya. Di Desa Sade, lantai rumah justru dilumuri kotoran kerbau / sapi setiap beberapa waktu. Tujuannya adalah supaya lantai bersih dari debu-debu yang melekat, menguatkan lantai, dan memiliki fungsi untuk mencegah serangga terutama nyamuk masuk ke dalam rumah.

2. Tempat tinggal suku sasak
Seperti yang aku bilang tadi nih guys, Desa Sade merupakan tempat tinggal suku Sasak yang merupakan suku asli Lombok. Terdapat sekitar 700 jiwa di Desa Sade. Pernikahan di Desa Sade masih dilakukan dalam satu rumpun, sehingga keaslian warganya masih sangat terjaga.

3. Rumah dengan beragam fungsi
Rumah-rumah di Desa Sade terdiri dari berbagai tipe. Yakni Bale Bonter, Bale Kodong dan Bale Tani. Tipe-tipe rumah ini didasarkan pada fungsinya. Bale Bonter berfungsi sebagai tempat rumah para pejabat desa. Selain itu Bale Bonter memiliki fungsi untuk persidangan adat. Terdapat pula Bale Kodong yang berfungsi sebagai tempat tinggal bagi orang-orang yang sudah jempo ataupun bagi orang-orang yang baru saja menikah namun belum memiliki tempat tinggal. Bale Tani, merupakan rumah yang digunakan untuk tempat tinggal masyarakat yang kebanyakan berprofesi sebagai petani.

4. Rumah yang tahan gempa
Di Desa Sade terdapat 150 rumah. Rumah-rumah ini masih sangat sederhana. Berdinding anyaman bambu, beratap alang-alang kering, dan lantainya dibuat dari campuran tanah liat dengan sekam padi. Bangunan di Desa Sade ini termasuk rumah yang tahan gempa. Usai gempa besar yang mengguncang Desa Sade, Rumah-rumah di Desa Sade masih terlihat kokoh.

5. Tradisi unik
Desa Sade memiliki beberapa tradisi unik, salah satu tradisi perkawinan. Saat akan menikah, perempuan harus diculik terlebih dahulu oleh pihak laki-laki. Nantinya, tempat bertemunya laki-laki dan perempuan sebelum si perempuan diculik adalah di depan pohon cinta.

6. Kain tenun
Para perempuan di Desa Sade diharuskan bisa menenun. Para perempuan di desa ini rata-rata berpencaharian sebagai penenun. Tak heran kalau di sepanjang jalan Desa Sade terdapat banyak penjual kain tenun. Jadi kalau kamu datang ke Desa Sade, jangan lupa untuk membeli kain tenun yang dijual oleh para penduduk setempat ya guys.
Masih banyak fakta menarik tentang Desa Sade, kalau kamu kepo kamu bisa berkunjung kesana. Bukan cuma itu loh guys, masih banyak tempat wisata menarik di Lombok yang sangat recommended dan wajib banget kamu kunjungi. Kalau kamu bingung mau cari biro perjalanan wisata yang terpercaya dan siap temani liburanmu, nih aku kasih rekomendasi CV. PANORAMA WISATA GEMILANG. Disana terdapat beragam paket wisata yang bukan hanya menarik juga harganya sangat terjangkau. Untuk pemesanan paket wisata kamu bisa hubungi nomor 0822 2880 9090, atau kamu juga bisa mampir di website resminya yaitu www.panoramawisata.co.id, tapi kalau kamu pengen berkunjung ke kantornya langsung juga bisa loh, alamatnya berada di Jl. Raya Sawojajar no.103, Kota Malang, Jawa Timur. Jadi tunggu apalagi? Lets pack go picnic!

Comments

Tinggalkan Balasan