KEINDAHAN AIR TERJUN TUMPAK SEWU

Air Terjun Tumpak Sewu merupakan Wisata Air Terjun dari Jawa Timur yang memukau dan juga indah. Dan juga wisata ini banyak diminati oleh berbagai negara. tinggi Air Terjun ini kurang lebih 120 meter. Terletak di perbatasan antara Kabupaten Lumajang serta Kabupaten Malang. Wisata alam yang mirip dengan Air Terjun Niagara di Amerika Serikat.

Kalian tau tidak mengapa dinamai Air Terjun Tumpak Sewu?

Sebab Air Terjun ini berasal dari sebagian mata air yang memancar dari tebing. Sampai air mengalir aliran tersebut membentuk seperti bertumpuk tumpuk itulah disebut dengan” tumpak” jika dalam bahasa indonesia artinya naik. Banyak warga yang menyebutnya dengan Grojogan Sewu ataupun Coban Sewu.

Di dekat air terjun juga terdapat lumayan banyak spot gambar natural yang sangat indah. Buat kalian yang suka berfoto serta mau mengabadikan momen liburan, tentu akan mendapatkan momen gambar yang pas.

Jika kamu pemburu spot- spot gambar instagramable untuk membuat cantik feed instagram kamu, kamu harus nih ke tempat Air Terjun Tumpak Sewu yang satu ini.

Lokasi Air Terjun Tumpak Sewu terletak di Desa Sidomulyo Kecamatan Pronojiwo Kabupaten Lumajang Provinsi Jawa Timur. Walaupun terletak di Kabupaten Lumajang, tetapi tempat ini lebih gampang diakses dari Kabupaten Malang. Setibanya di Bandara Abdulrachman Saleh Malang, lanjutkan ekspedisi memakai mobil ataupun sepeda motor sewaan dengan jarak kurang lebih 70 kilometer alias sepanjang 2 jam berkendara.

Rute Perjalanan Menuju Tumpak Sewu dari Malang

Buat menuju tumpak sewu, bila kalian berangkat dari kota Malang( Alun– alun Malang misalnya). Kalian bisa lewat jalur Jalan. Kyai Tamin– Jalan. Raya Gadang– Jalan. Raya Lowokdoro– Jalan. Raya Tambak Rejo– Jalan, Raya Bululawang– Jalan. Raya Krebet serta ikuti terus jalur nasional mengarah Turen– Dampit– Ampelgading– Lumajang, yang memakan waktu dekat 2 jam perjalanan. Kalian bisa memakai sepeda motor, mobil, ataupun bis buat mengarah ke tempat wisata ini. Apabila kalian mau berkunjung ke tempat ini dengan aman serta seru dalam perjalanan.

Baca juga: Air Terjun Coban Pelangi

Untuk Tiket Masuk Air Terjun Tumpak Sewu cukup membayar Rp 10. 000. Dan untuk biaya parkir mobil Rp 10. 000 sedangkan biaya parkir motor Rp 5. 000

Fasilitas Air Terjun Tumpak Sewu

•》Kamar mandi

•》Toilet

•》Warung makan

•》Tempat parkir

•》Tempat duduk

Untuk jam kunjungan, Kamu hendaknya datang ke Air Terjun Tumpak Sewu di atas jam 10. 00 pagi. Selain matahari sudah atas, hawa di dekat air terjun cenderung lebih normal. Kamu juga akan mendapatkan pencahayaan yang bagus untuk berfoto di dekat Air Terjun Tumpak Sewu.

Nah, dengan keadaan alam yang luar biasa, Air Terjun Tumpak Sewu dapat jadi inspirasi wisata yang begitu mengasyikkan. Liburan bersama keluarga, sahabat, maupun dengan pasangan. Apalagi jika berliburnya bareng Jatim Traveller tentu makin seru dong.

Spot Wisata di Air Terjun Tumpak Sewu

Di kawasan wisata ini kalian bisa menikmati kemegahan air terjun serta keelokan alam sekitar yang masih sangat asri. Berikut ini informasi terkait spot- spot wisata yang bisa kalian kunjungi:

1. Gardu Pandang Panorama

Air Terjun Tumpak Sewu

Spot wisata ini merupakan yang sangat banyak dikunjungi para turis, sebab disini kalian bisa memandang panorama alam totalitas dari air terjun. Lewat spot ini pula, para turis memperoleh potret- potret apik dari air terjun yang mereka unggah di media sosial.

Rute yang wajib dilalui mengarah panorama ini merupakan rute awal. Disepanjang ekspedisi kalian bisa menikmati keelokan hutan serta pepohonan hijau yang sejuk. Kala hingga di tempat panorama kalian hendak disuguhi panorama alam air terjun yang berjajar bak gorden dengan latar balik gunung semeru.

Gardu Pandang Panorama sangat sesuai buat kalian penggemar fotografi, spesialnya bila mendalami landscape photography.

Baca juga: Wisata Alam Sumber Maron

2. Goa Tetes

Goa tetes tercipta secara natural dengan panorama alam stalagmit serta stalaktit eksotis yang dialiri air dari curug sewu. Tempat ini mempunyai warna kuning keemasan, yang terbentuk karena batuan yang bercampur dengan belerang.

Rute mengarah goa tetes lewat rute kedua yang secara otomatis hendak kamu lewatkan kala menempuh ekspedisi mengarah air terjun. Rute ini memanglah tidak sering dilewati kala perjalanan turun sebab medannya yang licin, tetapi hendak lebih gampang ketika ekspedisi kembali.

Pada spot wisata ini, kalian bisa menikmati keelokan goa yang tercipta secara natural. Oleh aliran air yang tidak sempat surut yang menerobos sela- sela bebatuan. Proses tersebut menghasilkan lorong- lorong yang berkelok serta bebatuan yang memanjang turun menyamai tetesan air.

Kalian juga bisa mengambil gambar dengan latar belakang bebatuan dari goa. Dengan aliran air dari curug yang akan senantiasa deras walaupun dikala masa kemarau.

3.Menyusuri Sungai Glidih

Spot ketiga merupakan menyusuri sungai Glidih, ekspedisi ini bisa kalian rasakan bila telah hingga di dasar air terjun. Panorama alam air terjun dari dasar hendak membentuk suatu lubang menyamai sumur, seakan- akan kamu sedang terletak didalamnya.

Buat menggapai spot ini kamu wajib meniti tebing lewat anak tangga dari bambu serta melewati sebagian anak sungai glidik. Bila kalian mempunyai banyak waktu serta energi, kalian bisa meneruskan menyusuri sungai serta menciptakan air terjun yang lain yang posisinya bersebelahan.

Tetapi buat menyusuri sungai ini, kalian senantiasa wajib memikirkan waktu, bila sudah mulai gelap hendaknya kalian kembali ke zona parkir. Sebab bila tidak, medan yang tersedia akan terus menjadi susah ditempuh serta bisa membahayakan keselamatan diri.

Baca juga: Menikmati Keindahan Dan Keseruan Sumber Sira

4. Gua Bidadari

Saat sebelum mengakhiri petualangan, jangan lupa mampir ke tempat satu ini. Namanya Gua Bidadari. Gua ini lokasinya terletak kurang lebih 300 meter dari Air Terjun Tumpak Sewu. Aksesnya lumayan gampang serta landai. Gua yang tadinya dipercaya selaku tempat bersemayamnya para bidadari ini terus menjadi mempesona dengan mengalirnya air di sela dinding- dinding gua.

5. Telaga Biru

Terletak tidak jauh dari Gua Bidadari, cuma berkisar 50 meter. Tetapi buat mengarah Telaga Biru Trippers wajib melewati jalur batu berair dengan dorongan seutas tali. Air di Telaga Biru berasal dari air yang mengalir lewat tebing yang masih satu deretan dengan Gua Bidadari. Kedalaman Telaga biru cuma seperut orang dewasa, airnya sangat sejuk serta jernih dan sangat nyaman untuk siapa juga tercantum yang tidak dapat berenang.

Tidak hanya tumpak sewu kami juga sediakan Paket Wisata Bromo, Paket Wisata Batu dan juga Paket Wisata Malang.

Pengen main kesini? Lekas agendakan liburan kamu gaiss, dipastikan bener- bener antimainstream dehh! Jangan kurang ingat yaa terus jaga kebersihan supaya keelokan Air Terjun Tumpak Sewu dapat dinikmati hingga kapanpun. Setujuuu?

Sewa Mobil dapat klik link-

https://jatimtraveller.com/tour-category/sewa-mobil/

Comments

Tinggalkan Balasan